<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Mobil Tenaga Surya Indonesia Bisa Melaju 12 Jam

Mobil Tenaga Surya Indonesia Bisa Melaju 12 Jam

SURABAYA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menginstruksikan kepada seluruh pimpinan organisasi otonom maupun amal usaha Muhammadiyah untuk membeli mobil tenaga surya karya SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang sebagai sarana operasional.
"Sebagai bentuk penghargaan, saya perintahkan kepada semua pimpinan, baik universitas, rumah sakit, dan amal usaha Muhammadiyah lainnya untuk membeli mobil dan dijadikan mobil dinas,'' katanya pada peluncuran mobil tersebut di Surabaya, Jumat (2/11/2012).

Din memastikan, kalangan Muhammadiyah akan memesan khusus dan menjadi pihak yang pertama kali membeli mobil bernama Suryawangsa Smart Education Hybrid Solar Car tersebut setelah diproduksi massal awal 2013 nanti. "Semoga mobil ini mampu mewarnai pasar otomotif Indonesia. Saya yakin karya ini sukses dan akan dicintai masyarakat," terangnya.

Kepala SMKM 7 Gondanglegi, Malang, Pahri, menjelaskan, produksi mobil tersebut tanpa melalui uji emisi, karena tidak mengeluarkan asap. Per unit mobil, akan dijual seharga Rp 110 juta dari total Rp 96 juta biaya produksi. ''Setiap tahun, tenaga kami siap memproduksi antara 50-100 unit mobil,'' jelasnya.

Suryawangsa Smart Education Hybrid Solar Car diluncurkan tepat pada peringatan 100 Tahun Milad Muhammadiyah. Mobil berkapasitas dua penumpang itu dilengkapi pengintai di sisi kanan dan kiri sebagai pengganti spion. Kecepatan maksimum di jalan utama mencapai 70 kilometer per jam. Kapastitas maksimal penyimpan panas matahari dapat menjalankan mobil ini selama 12 jam.

Suryawangsa Smart Education Hybrid Solar Car memiliki spesifikasi panjang 3.500 milimeter, lebar 1.700 milimeter, tinggi 1.600 milimeter, berat kosong 600 kilogram, dan jarak roda 3.000 milimeter. Mobil juga dilengkapi "Photovoltaic" sebanyak empat unit, tegangan 48 volt, arus peak power 3,5 ampere, dan daya peak power 168 Watt.


  • Dikutip Dari Harian BanjarmasinPost
Share this article :
 
Copyright © 2011. Banua Nusantara . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger